Posted by: mikolehi | November 11, 2009

Manajemen Produksi Tanaman

Manajemen Produksi adalah suatu pengelolaan (perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian) proses pengubahan/konversi dari sumberdaya yang merupakan input menjadi barang atau jasa (sebagai output) yang dilakukan oleh suatu organisasi berdasarkan tujuannya.

Tanaman adalah tumbuhan yang sudah dibudidayakan. Sedangkan Tanaman Pertanian adalah segala tanaman yang digunakan manusia untuk tujuan apapun, yang berfaedah yang secara ekonomi cocok dengan rencana kerja dan eksistensi manusia dan dikelola sampai tingkat tertentu. Produksi tanaman adalah pengelolaan tanaman yang bermanfaat. Ilmu yang mempelajari produksi tanaman adalah Agronomi. Sehingga Agronomi adalah ilmu yang mempelajari cara pengelolaan tanaman pertanian dan lingkungannya untuk memperoleh produksi yang maksimum dan lestari. Secara lebih rinci Budidaya Tanaman adalah pengelolaan sumberdaya nabati dengan melakukan rekayasa terhadap lingkungan tumbuh, potensi genetik dan potensi fisiologinya dalam kegiatan produksi tanaman dan penanganan hasil dengan tujuan untuk pemenuhan kebutuhan pangan, sandang, bahan baku industri, obat-obatan dan rempah, serta kenyamanan hidup. Orientasi budidaya tanaman adalah produksi maksimum dan mempertahankan sistem produksi yang berkelanjutan.

Dari pengertian mengenai tanaman dan budidaya tanaman tersebut maka, difinisi dari Manajemen Produksi Tanaman adalah sebagai berikut: Ilmu terapan yang menggabungkan fungsi-fungsi manajemen dalam kegiatan budidaya tanaman untuk menghasilkan suatu produk baik berupa benih/bibit/bahan tanam, hasil tanaman (pangan, sandang, papan, bahan industri, bunga, getah, dsb.) maupun keindahan dan kenyamanan.

Pendahuluan Manajemen Produksi Tanaman

Kriteria investasi

Time value of money

Laporan keuangan PP

Analisis sensivitas

Advertisements
Posted by: mikolehi | October 18, 2009

DEWA – Pupus

Aku tak mengerti apa yang kurasa, rindu yang tak pernah begitu hebatnya. Aku mencintaimu lebih dari yang kau tau, meski kau takkan pernah tau. Aku persembahkan hidupku untukmu, telah kurelakan hatiku padamu. Namun kau masih bisu, diam seribu bahasa, dan hati kecilku bicara..

Baru kusadari, cintaku bertepuk sebelah tangan. Kau buat remuk seluruh hatiku. Semoga waktu akan mengilhami sisi hatimu yang beku. Semoga akan datang keajaiban hingga akhirnya kau pun mau..

Posted by: mikolehi | October 14, 2009

PENGGUNAAN TANAMAN NAUNGAN DALAM BUDIDAYA TANAMAN KAKAO

Kakao

Kakao

Kakao (Theobroma cacao, L) merupakan salah komoditas perkebunan yang sesuai untuk perkebunan rakyat, karena tanaman ini dapat berbunga dan berbuah sepanjang tahun, sehingga dapat menjadi sumber pendapatan harian atau mingguan bagi pekebun. Tanaman kakao yang ditanam di perkebunan pada umumnya adalah kakao jenis Forastero (bulkcocoa atau kakao lindak), Criolo (fine cocoa atau kakao mulia), dan hibrida (hasil persilangan antara jenis Forastero dan Criolo). Pada perkebunan – perkebunan besar biasanya kakao yang dibudidayakan adalah jenis mulia (Tumpal H.S. Siregar, dkk., 2003).

Komoditi kakao dapat digunakan dalam berbagai macam produk. Biji buah kakao (cokelat) yang telah difermentasi dijadikan serbuk yang disebut cokelat bubuk. Cokelat dalam bentuk bubuk ini banyak dipakai sebagai bahan untuk membuat berbagai macam produk makanan dan minuman, seperti susu, selai, roti, dan lain–lain. Buah cokelat yang tanpa biji dapat difermentasi untuk dijadikan pakan ternak.

Konsumsi biji kakao dunia sedikit berfluktuasi dengan kecenderungan terus meningkat. Negara konsumen utama biji kakao dunia adalah Belanda yang mengkonsumsi 452 ribu ton pada tahun 2000/01. Konsumsi negara ini diperkirakan menurun menjadi 418 ribu ton tahun 2001/02 dan 440 ribu ton tahun 2002/03. Selain Belanda, konsumen besar lainnya adalah Amerika Serikat, diikuti Pantai Gading, Jerman dan Brazil yang masing masing mengkonsumsi 456 ribu ton, 285 ribu ton, 227 ribu ton dan 195 ribu ton pada tahun 2000/01. Diperkirakan pada tahun 2001/02 dan 2002/03 konsumsi negaranegara konsumen utama kakao dunia ini relatif stabil, kecuali Amerika Serikat dan Jerman yang sedikit mengalami penurunan (International Cocoa Organization, 2003).

Read More…

Posted by: mikolehi | October 5, 2009

Belahan Jiwa

Belahan Jiwa By Dara n Mitha


Belahan Jiwa By Mitha


The Virgin – Belahan Jiwa

kau yang selalu di hati

selalu bersemi di dalam jiwaku

kau takkan ku lupa

dalam hidupku untuk selamanya

reff:

ooo, kenangan dirimu

menyatu dalam darahku

takkan pernah terhapus waktu

ooo, hatiku bahagia

saat kau ada di sisi

tak ingin kau pergi lagi

meninggalkan aku

ooo belahan jiwaku

hampa hidupku

jika kau pergi dariku

repeat reff

AKPC_IDS += “2794,”;

Lirik lagu The Virgin – Belahan Jiwa ini dipersembahkan oleh LirikLaguIndonesia.Net. Kunjungi DownloadLaguIndonesia.Net untuk download MP3 The Virgin – Belahan Jiwa.

Posted by: mikolehi | October 4, 2009

Cinta Terlarang

Lagu ini khusus buat kamu yang ada di IPB..
Cinta ini terlarang buatku, kamu sebenarnya tau tapi tidak pernah tau akan hal ini.
Cukup aku aj yang tau..

Moga kita bisa menemukan jalan masing2 untuk yang lebih baik.. Amiin….

Posted by: mikolehi | July 5, 2009

Data Praktikum Tanaman Hias dan Bunga

Teman-teman, ini ada  Data Praktikum Tanaman Hias dan Bunga, silahkan di download. Tolong temen-temen yang belum dapet ni data dikasih tau ya..
Data ini yang ngerekap Deni Hamdan dibantu ma Nurmansyah. Semoga amalnya mendapat balasan dari Allah SWT. Amin…

Buat temen2 yang ngambil mata kuliah Hias, met ngerjain Laporan ya… Mudah2an Laporannya bisa dikerjain dengan baik. Jangan lupa besok pagi ada upacara bendera coy… <kaya anak SMA aj; red>, jam 7 pagi teng.. 😛 <biasanya juga ngaret kq;red>. Hehe…

Buat kelompok hias 6 yang keren n OK punya <yang nulis maksudnya… :P> Laporanny kapan digabung? klo ada kabar terbaru sms ya? Thanx all.

crocodile

Posted by: mikolehi | July 5, 2009

Data Praktikum Pembiakan Hari Senin

Sebelumnya saya minta maaf atas keterlambatan data pembiakan. Beberapa kelompok ada yang baru mengumpulkan data kelompok 2 hari kemarin. Jadi klo telat ya jangan salahin saya. Data ini banyak kurangnya, karena itu saya berpikir gimana caranya buat bikin tu data jadi agak bagus, n itu ga gampang coy… butuh waktu beberapa jam untuk satu kelompok. Sedangkan kelompok ada 15. Klo datanya rapi n ga acak2an juga enak ngerekapnya, ini udah acak2an, bolong2 lagi,,. Bener2 ga punya rasa tanggungjawab. Klo punya data kelompok minimal dirapiin lah.. biar yang yang ngerekap ga kelimpungan, n jangan bikin susah yang mo ngerekap. Ini bukan cuma buat Pembiakan aja, tapi juga buat praktikum2 yang laen juga, baik sekarang atau semester2 besok. Read More…

Posted by: mikolehi | July 2, 2009

Materi Kuliah Produksi dan Pengolahan Benih

Benih merupakan awal dari sebuah kehidupan. Untuk itu sangat penting mempelajari benih, mulai dari proses produksi hingga pengolahan dari benih tersebut. Proses produksi dan pengolahan benih yang dilakukan oleh mahasiswa Departemen Agronomi dan Hortikultura dilaksanakan di Leuwikopo. Berbagai alat produksi dan pengolahan benih ada disana. Beberapa di antaranya adalah Spiral Separator, ASC Delta Super, Gravity Table Separator, Indented Cylinder/Cylinder Separator, dan masih banyak lagi. Pengolahan benih penting dilakukan agar setiap hasil produksi benih yang dilakukan dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Pada kuliah Produksi dan pengolahan benih ini, banyak sekali anak-anak yang tidur. Kenapa ya? Mungkin pada kecapean kali ya.. Saya sendiri juga pernah ngantuk di kelas. Abis kelasnya emang bikin ngantuk seh.. Walaupun AC, tapi tetep aja ga ngaruh.. 😛

Temen2 yang ngambil mata kuliah Produksi dan Pengolahan Benih, Met UAS ya..? Moga2 ujian besok Jum’at tanggal 3 Juli 2009 berjalan lancar dan berhasil. Amin… Semoga file yang saya upload bisa bermanfaat.

crocodile

Posted by: mikolehi | June 29, 2009

Materi UAS Rancob AGH

Miko HackerIni materi paling angker d AGH, so buat kamu yang belum punya materinya bisa download disini. OK…

sb 10.1 peragam

http://www.kitaupload.com/download.php?file=160SB 10.1 peragam.pdfmk

SB 10.2 analisis gabungann

http://www.kitaupload.com/download.php?file=703SB 10.2 anal gabungan.pdf

Maaf ni temen2.. yang materi pak Pur Softcopinya ada d MP3 tapi k format gara2 virus,

jadi ga bisa d upload.

Terimakasih..

Crocodile

MMMaaf

mikM

Posted by: mikolehi | June 27, 2009

Materi Kuliah Tanaman Hias dan Bunga

Crocodile - pearlkoleus@rocketmail.com

Crocodile - pearlkoleus@rocketmail.com

Tanaman hias merupakan tanaman yang selalu mendapatkan perhatian dari para hobiis. Berbagai macam tanaman hias telah dikembangkan dengan proses pemuliaan. Slide ini dapat membantu anda untuk memahami dan mengerti berbagai macam tanaman hias, mulai dari teknik budidaya, pemeliharaan, bioteknologi, dan tentunya untuk ujian anda semuanya yang mengambil mata kuliah pilihan Tanaman Hias dan Bunga di Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Crocodile - pearlkoleus@rocketmail.com

Anggrek

http://www.ziddu.com/download/5365960/ANGGREK.ppt.html


pearlkoleus@rocketmail.com

Krisan
http://www.ziddu.com/download/5365961/Chrisanthemum.ppt.html

1141574_resizeofbuketcutflowersonia1-resize

Bunga Potong
http://www.ziddu.com/download/5365963/Bungapotong.ppt.html


amarilis

Amarilis
http://www.ziddu.com/download/5365962/Amarilis.ppt.html

Mawar

Mawar
http://www.ziddu.com/download/5365964/Mawar.ppt.html

Sekam bakar Media Tanam
http://www.kitaupload.com/download.php?file=712MEDIA TANAM.pptx


Dahlia Dahlia

http://www.ziddu.com/download/5366351/Dahlia.ppt.html

gladiol Gladiol – Suplir

http://www.ziddu.com/download/5366352/Gladiolsuplir.ppt.html

Gerbera Gerbera

http://www.ziddu.com/download/5366353/Gerbera.ppt.html

Dianthus_Tlstr_Bi-Color

Dianthus

http://www.ziddu.com/download/5366354/Dianthus.ppt.html

BegoniaPicoteeWhitewithRed

Begonia – Sedap Malam

http://www.ziddu.com/download/5366355/BegoniaSedapMalam.ppt.html

Silahkan di download yah..

:)

Crocodile

Older Posts »

Categories